TASIKMALAYA PERDANANEWS.COM-Singaparna, Kajian Rutin Malam Ahad di Masjid Alfallah Kampung Parakanpanjang Sukamanah Tasikmalaya Bersama Ustadz Cecep Iwan Ridwan dengan tema 4 Pilar Muru’ah Sabtu (4/07/2020).

Muruah atau Muru’ah Quora Muru’ah merupakan sifat yang dimiliki oleh manusia. Orang yang dapat memelihara perkataan, perbuatan, dan niatnya, sehingga senantiasa berjalan sesuai dengan tuntunan agama, disebut orang yang memiliki muru’ah.

Poto Mobil BBG

Baca juga: Ustadz Ade Suryaman Berikan Paraf Kepada Anak-anak Parakanpanjang

Muru’ah itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan Ahlak, seperti yang di Contohkan oleh Rosululloh Shallallahu Alaihi Wassalam.
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إنَّما بعثتُ لأتمِّمَ مَكارِمَ الأخلاقِ

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia” (HR. Al Baihaqi, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah, no. 45).

Ahalak Nabi Muhammad Sallohu Alaihi Wasallam adalah Al-Qur’an.

Baca juga: Milenial Brigez Tasikmalaya Bagikan Hasil Tabungan Bank Sampah

Adapun Empat Pilar Dari Muru’ah adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Ahlak yang luar biasa baik/kebiasaan yang luar biasa, Sebagai contoh ketika kita menemukan duri atau bendan yang tajam, yang bisa membahayakan orang lain maka disitulah kepekan dimiliki sehingga kita dapat langsung mengambil atau membersihkanya demi keselamatan orang lain.

2. Kedermawanan, Seperti yang di Contohkan Oleh Rosululolloh Sallollohu Alaihi Wasallam, Beliau orang yang sangat memilik sipat Kedermawan yang tinggi.

3. Rendah hati atau Tawaddu, tidak menampakan atau merasa tinggi hati ketika berinteraksi dengan orang lain atau masyarakat, Utadz Cecep Iwan Ridwan dalam kajianya mencontoh kan seorang Ulama besar KH. As’ari yang juga selaku Tokoh Pendiri Nahdatul Ulama (NU), Beliau tidak merasa pantas untuk menjadi Guru kepada orang yang akan bermaksud menimba ilmu atau Belajar kepadanya, padahal belau Adalah merupakan Salah satu Kiyai besar di Kita. Itualah sebabnya Sifat Rendah Hati atau Tawaddu yang Beliau miliki.

4. Tekun Ibadah atau Rajin Ibadah, Pilar ini yang yang tidak semua orang dimiliki kecuali hanya orang- orang yang benar- benar konsiten dalam melaksanakan Muru’ah.

Demikian Kajian Malam Ahad ini, Semoga Kita semua senantiasa dapat mengambil hikmah serta dapat menjalani ke Empat Pilar tersebut. Ujarnya.

Rls/red: Bahtiar Rifa’i

Comment

PERDANANEWS