by

Miliki Mesin PCR, Pemkot Tasik Siap Lakukan Swab Tes 7.000 Warga

TASIK PERDANANEWS.COM Miliki Mesin PCR, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mendapatkan bantuan alat tes untuk pendukung Polymerase Chain Reaction (PCR) test dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) pusat, Sabtu (29/08).

Bantuan tersebut berupa alat test untuk PCR yakni viral transport medium (VTM) 2500 dan Ragen 2500. Rencananya,a mesin PCR sendiri akan diterima Minggu depan.

Baca juga: Perjanjian Perdagangan Bebas Kawasan Asean Siap Ditandatangani

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, bantuan ini untuk mendukung program pemerintah daerah dalam melaksanakan swab massal. Pasalnya, sesuai target Kota Tasikmalaya harus melaksanakan swab test massal sebanyak 1 persen dari total keseluruhan jumlah penduduk.

“Ini bisa representatif mewakili seluruh masyarakat kota Tasik. Karena sesuai target WHO dan Juga Permenkes,” ujar Budi kepada wartawan, Minggu (30/08).

Terang Budi, warga Kota Tasik kurang lebih sebanyak 750 ribu penduduk. Bila harus 1 persen yakni sebanyak 7.000 penduduk yang harus dites swab. “Sampai hari ini kita kurang lebih 2000 orang yang sudah di swab, sisanya sekitar 5000 penduduk lagi. Alhamdulilah ini sudah ada alat yang cukup membantu,” terangnya.

Dengan adanya bantuan alat ini, tambah Budi, Dinkes dalam waktu dekat ini akan melakukan swab test massal. Termasuk akan mengundang warga sebanyak 500 orang yang akan mengikuti swab itu. “Untuk waktu dan tempat akan ditentukan oleh Dinkes. Sisanya akan kami laksanakan di tempat-tempat keramaian seperti perkantoran, sekolah, pesantren dan lainnya,” terangnya.

Baca juga: KPPI Kota Bekasi: Perempuan Partai Gelora Harapkan Warnai Perpolitikan

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasik, Uus Supangkat menuturkan, bantuan ini merupakan alat set pendukung pelaksanaan swab test diantaranya viral transport medium (VTM) 2500 dan Ragen 2500.

“Alat lengkapnya minggu depan kita terima, sehingga program pemeriksaan target 7000 sample itu bisa diselesaikan secepatnya,” tuturnya.

Jelas dia, pihaknya kini menunggu mesin utama PCR-nya saja. “Mudah-mudahan secepatnya kami terima, sehingga test swab ini bisa kita laksanakan secara mandiri, sehingga hasilnya lebih cepat keluar,” jelasnya.

Rls/red: TasikPerdananews

Comment

PERDANANEWS