by

Pajak Mobil Nol Persen: Harga Fortuner dan Pajero Sport Tertinggi Rp 400 Jutaan

TASIK PERDANANEWSIndustri otomotif tanah air mendapat angin segar soal wacana pajak mobil nol persen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menyetujui usulan relaksasi pajak penjualan mobil baru itu.

Pernyataan ini diberikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, seperti dikutip Bisnis pada Selasa, 29 Desember 2020. Agus mengatakan Presiden secara prinsip menyetujui usulan pajak mobil nol persen dan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan. Hanya saja, wacana itu masih dipertimbangkan oleh Kementerian Keuangan.

Baca Juga : Mobil Dengan Pelat Nomor RF dan Toyota Yaris Bekas Yang Laris Manis

Relaksasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) tersebut betujuan untuk mengakselerasi penjualan mobil baru di masa pandemi Covid-19.

Alasannya, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indoensia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga November 2020 penjualan pabrik ke diler turun 49,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penurunan sebesar 46 persen juga berlaku untuk penjualan ritel.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto memberikan perkiraan harga mobil tanpa pajak bisa turun sekitar 40 persen dari harga on the road saat ini.

Dengan demikian apabila terlaksana, maka berikut perkiraan harga mobil tipe LSUV hingga SUV:

  1. Toyota Rush

Harga on the road Toyota Rush tipe tertinggi 1.5 S A/T TRD berdasarkan website Toyota Astra adalah Rp276,6 juta. Tanpa pajak mobil SUV ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp160 juta.

PERDANANEWS