by

Backpacker Teaching Cerdaskan Indonesia Via Taman Baca Ramah Corona

TASIK PERDANANEWSBackpacker Teaching merupakan sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas relawan dan bergerak di bidang pendidikan dan sosial. Backpacker Teaching masih terbilang muda, berdiri pada 3 November 2020 didirikan oleh Dr. Dirgantara wicaksono bersama 15 orang mahasiswanya, kini memasuki usia ke 4 pertama kalinya meluncurkan sebuah taman baca masyarakat yang berkolaborasi dengan Tunas Muda RT/RW. 003/005 9 Pamulang Barat yang bertujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan minat baca pada masyarakat sekitar khususnya pada anak-anak sekolah dasar, karena sebelumnya kegiatan backpacker teaching berfokus di bidang pendidikan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Baca Juga : Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PBNU Akan Menggugat UU Ciptaker

Menariknya, taman baca masyarakat “Ki Hajar Dewantara” adalah taman baca ramah corona dengan menerapkan protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, taman baca ini diresmikan pada 3 Januari 2021 oleh Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Backpacker Teaching juga dihadiri oleh Dinas Pendidikan kota Tangerang Selatan, Bapak Lurah dan Camat Pamulang Barat, pejabat serta tokoh masyarakat setempat.

Hebatnya, kegiatan ini tidak menyurutkan langkah teman-teman backpacker teaching walaupun di tengah situasi Covid-19. Backpakcer Teaching terus berkarya dan berinovasi dalam membantu memajukan mutualisme pendidikan di Indonesia. Bukan hanya itu, program yang dilaksanakan dapat memberikan dampak positif dan menjadi solusi pembelajaran ditengah pandemi saat ini yaitu dengan Gerakan Pendampingan Peserta Didik di Masa Pandemi (GEMPI).

Baca Juga : SAF: Apresiasi Muhammadiyah Bangun Pendidikan Banten

Alhasil taman baca “Ki Hajar Dewantara” merupakan program yang akan dilaksanakan seminggu sekali setiap Sabtu, Harapannya mampu membuka jendela ilmu bagi anak-anak dan warga sekitar. Sarana dan fasilitas yang telah diberikan dapat membantu kualitas pendidikan yang digagas pemerintah dalam hal mendidik anak-anak khususnya pendidikan dari tingkat dasar.

Penulis Azhar

Rls/red: TasikPerdananews

PERDANANEWS