by

Penghina Natalius Pigai, Ambroncius Nababan Ahirnya Resmi Ditahan

TASIKMALAYA PERDANANEWS Penghina Natalius Pigai, Ambroncius Nababan Ahirnya Resmi Ditahan.

Bareskrim Polri secara resmi menahan Ambroncius Nababan. Penahanan dilakukan atas dasar dugaan kasus rasial terhadap Natalius Pigai yang juga mantan seorang Komisioner Komnas HAM.

Kabar penahan itu dibenarkan oleh Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, mulai hari ini Rabu, 27/1.

Baca Juga : Roy Suryo: Natalius Pigai Disamakan Dengan Orang Utan, Apa Gak Rasis?

“Melakukan penahanan dimulai pada tanggal 27 Januari 2021 (Hari ini),” ujar Slamet Uliandi ketika dikonfirmasi, Rabu (27/1).

Sebelumya Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penetapan tersangka dan penangkapan Ambroncius Nababan telah melewati beberapa tahapan prosedural sesuai hukum.

“Setelah dilakukan gelar perkara dan hasilnya kenaikan status atas nama AN (Ambroncius Nababan) jadi tersangka. Kemudian penyidik Siber Bareskrim menjemput yang bersangkutan dan dibawa ke Bareskrim polri,” kata Argo, Selasa (26/1) malam.

Mantan Kapolres Nunukan tersebut menjelaskan, Penyidik telah memeriksa 5 orang saksi, termasuk saksi ahli pidana, ahli bahasa, serta memeriksa Ambroncius Nababan kemarin.

Dalam kasus ini, Ambroncius mengunggah sebuah gambar yang menyandingkan foto Natalius Pigai dengan orang utan, dan disertai narasi seperti yang telah viral di media sosial (Medsos) beberapa waktu yang lalau.

Atas perbuatannya, Ambroncius Nababan disangkakan dengan Pasal 28 ayat (2) UU ITE Jo Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016, Pasal 16 Jo Pasal 4 huruf b ayat 2 Undang-Undang No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi, Ras, dan Etnis, serta Pasal 156 KUHP.

(PN/BR).

PERDANANEWS