by

Pemerintah Ungkap Rencana Kerja Sama Tesla, LG, dan CATL


PERDANANEWS TASIK — Tesla, Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), menyatakan telah mempelajari proposal Non-Disclosure Agreement (NDA) dari Tesla Inc yang telah diterima oleh pemerintah Indonesia.

“Proposal Tesla sudah diterima kemarin (4/2/2021) pagi dan sudah dipelajari secara internal. Namun terkait isinya belum dapat dibuka karena dari pihak mereka juga sangat strict,” ucap Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto, dalam keterangan resminya, Jumat (5/2/2021).

Lebih lanjut Seto mengatakan, bila kerja sama lain bersama Tesla adalah di bidang Energy Storage System (ESS) yang merupakan sistem penyimpanan energi dengan daya besar.

Menurut Seto, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi besar dalam pengembangan renawable energy, sehingga kerja sama tersebut juga diharapkan memberikan manfaat yang maksimal.

Sedangkan terkait dengan LG dan Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL), menurut Seto hingga saat ini masih dalam tahapan negosiasi. Namun demikian, pada 2024 nanti, CATL direncanakan bakal memulai pembangunan baterai cell, sedangkan LG sudah ada MoU dengan BKPM.

Lebih lanjut Seto mengungkapkan antusiasme bekerja sama dengan Tesla, CATL, dan LG, yang diklaim termasuk sebagai pemain terbaik di dunia.

PERDANANEWS