by

Cara Membuat Akte Kelahiran Online, Jangan Khawatir Begini Caranya!

PERDANANEWS TASIKCara Membuat Akte Kelahiran Online. Akta Kelahiran adalah Bukti Sah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran seseorang yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi NIK sebagai Dasar untuk Memperoleh Pelayanan Masyarakat Lainnya dan biayanyapun gratis.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 pencatatan kelahiran yang sebelumnya berdasarkan atas asa peristiwa, sejak ditetapkannya undang-undang ini berubah menjadi berdasarkan atas domisli. Sehingga pencatatan dilakukan pada instansi pelaksanan sesuai dengan domisili pelapor.

Baca Juga: Cari Rumah Makan Sunda Terdekat Saat di Tasikmalaya, Ini Tempatnya!

Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya.
Sebagai hasil pelaporan kelahiran, diterbitkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Persyaratan Pencatatan Kelahiran Penduduk WNI :

Surat Keterangan Kelahiran dari Puskesmas/ Bidan/ Rumah Sakit/ penolong kelahiran/ Kelurahan atau SPTJM;
KK orang tua
Fotokopi KTP orang tua
Fotokopi Surat Nikah orang tua atau SPTJM
Fotokopi KTP 2 orang Saksi.

Siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Daftar melalui online di website dinas dukcapil setempat.

Gunakan NIK Kepala Keluarga atau nomor ponsel yang sudah terdaftar di Kemkominfo.

Ikuti langkah-langkah yang tercantum di laman tersebut dan isi semua data dengan benar.

Bisakah membuat akta kelahiran online?

Pendaftaran harus menggunakan NIK Kepala Keluarga atau menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar di Kemkominfo. Nantinya, sistem akan mengirimkan validasi melalui nomor ponsel yang terdaftar tersebut. Ingat, nomor tersebut tidak dapat didaftarkan lagi menggunakan NIK lain.

Berapa denda keterlambatan pembuatan akta lahir?

Sesuai dengan perda 5 tahun 2011 tentang penyelenggaraan kependudukan untuk keterlambatan 60 hari di kenakan denda Rp.100.000 sedangkan untuk keterlambatan lebih dari 1 tahun harus melalui penetapan pengadilan.

Bisakah mengurus akte kelahiran tanpa surat nikah?

Akta kelahiran anak kini bisa dibuat tanpa melampirkan buku nikah atau akta nikah orang tua. “Sekarang ada namanya SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pernikahan sebagai syarat buat akta kelahiran,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Chairul Anwar.16 Okt 2020

Apakah akta kelahiran bisa dibuat dimana saja?

Saat ini pembuatan Akta Kelahiran sudah berdasarkan domisili orangtuanya. Artinya dalam kasus saudara, pembuatan Akta Kelahiran bisa dilakukan di Jakarta Barat. Nantinya, meskipun Akta dibuat di Jakarta Barat, keterangan lokasi kelahiran anak tetap ditulis di Yogyakarta, sehingga tetap sesuai dengan fakta yang ada.

Banyak orang tua yang menunda untuk membuat akta kelahiran anaknya. Padahal cara membuat akta kelahiran sangatlah gampang, lo!

cara membuat akta kelahiran
Para orang tua yang baru memiliki buah hati pasti sedang di puncak kebahagiaannya.

Tapi jangan lupa untuk membuat akta kelahiran si kecil ya!
Sebab, banyak sekali orang tua yang menunda untuk mengurus hal ini. Padahal, akta kelahiran paling lambat diurus selama 60 hari sejak kelahiran. Daripada makin repot karena terlambat, sebaiknya persoalan akta lahir anak segera diurus dari sekarang.

PERDANANEWS