by

Prakerja Gelombang 16 Hari ini Dibuka, Ini Cara Daftarnya!

PERDANANEWS TASIK – Prakerja Gelombang 16 dibuka mulai hari ini Kamis, (25/3/2021) pukul 12.00 WIB. Untuk anda yang ingin mendaftar, melalui situs resmi prakerja.go.id.

Hal tersebut diungkapkan Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada awak media, Kamis (2/53).

“Hari ini gelombang 16 dibuka pukul 12.00 WIB,” kata Louisa kepada Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

Akan tetapi kali ini hanya tersedia kuota untuk 300.000 orang dari gelombang sebelumya.

Louis mengatakan, kuota ini hanya untuk menggenapkan kartu prakerja semester 1 di tahun 2021 saja.

“Kuotanya adalah 300.000, sehingga genaplah target serapan semester 1 sebesar 2,7 juta orang,” kata Luouisa.

Bagi anda yang sedang memantau kartu prakerja ini, harus berhati-hati, karena banyak situs penipuan yang mengatasnamakan prakerja.

Link itu hanya untuk mengelabuhi anda dan bertujuan agar orang dapat mengakses tautan yang akhirnya data anda tercuri.

Sedang yang resmi adalah hanya di www.prakerja.go.id.

Adapun tahap prosesnya sebagai berikut:

Terdapat 3 tahap penyaringan pendaftaran kartu prakerja.

Diketahui tiga tahapan ini hanya akan dilakukan oleh sistem.

Pertama yaitu penyaringan dengan NIK dan KK. Dengan cara pencocokan data yang ada di dukcapil.

“Penyaringan kedua adalah yang menyangkut daftar terlarang (blacklist),” kata Louisa, seperti diberitakan Kompas.com, 5 Maret 2021.

Dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020, disebutkan ada beberapa kategori pekerjaan yang masuk daftar terlarang atau tidak bisa mendaftar.

Mereka adalah pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Polri, kepala dan perangkat desa, direksi, komisaris, serta dewan pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah.

Selain itu, peserta gelombang sebelumnya yang tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari juga masuk ke dalam daftar terlarang.

Jangka waktu pemilihan itu dihitung sejak peserta mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dan melengkapi data secara daring melalui laman resmi Kartu Prakerja.

Penerima bantuan sosial lainnya juga tak akan bisa menerima Kartu Prakerja karena prinsip pemerataan.

Menurut Louisa, pendaftar yang lolos dari dua penyariangan tersebut jumlahnya masih jauh lebih besar dibandingkan kuota setiap gelombang.

Untuk itu, proses penyaringan ketiga akan dilakukan oleh sistem dengan proses randomisasi sehingga keluar NIK penerima Kartu Prakerja.

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja:

1. Membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id, dengan mengklik menu ‘Buat Akun’. Selanjutnya, isi kolom yang tersedia dengan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi untuk login ke akun.

2. Lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, masuk ke dashboard akun.

3. Isi kolom yang tersedia dengan NIK, nomor KK dan tanggal lahir dengan sebenar-benarnya, kemudian klik tombol ‘Berikutnya’.

4. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone, dan klik ‘Kirim’. Sistem akan mengirimkan kode OTP via SMS ke No HP lalu masukkan nomor tersebut kolom yang tersedia, kemudian klik ‘Verifikasi’.

5. Isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda, kemudian klik ‘Oke’. Setelah tahap tersebut selesai, ikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar dengan mengklik ‘Mulai Tes Sekarang’.

Usai mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi dan tahap berikutnya adalah seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan dengan domisili, lalu klik ‘Gabung’.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang. Bila sudah sesuai, klik ‘Ya, Gabung’.Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Klik ‘Saya merekomendasikan “untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. Tahap pendaftaran pun selesai.

Sumber : Berbagai Sumber

(PN/BR).

Comment

PERDANANEWS